Produksi Dan Harga
Menyatakan bahwa Harga Pokok
Produksi adalah Biaya Manufaktur yang
berkaitan dengan barang–barang yang diselesaikan dalam periode tertentu,
terdiri dari biaya–biaya sebagai berikut :
berkaitan dengan barang–barang yang diselesaikan dalam periode tertentu,
terdiri dari biaya–biaya sebagai berikut :
- Biaya Bahan Baku adalah bahan yang digunakan untuk bahan jadi disebut
bahan mentah.
- Biaya Tenaga Kerja Langsung adalah tenaga kerja pabrik yang dapat
ditelusuri dengan mudah ke masing–masing unit produk.
- Biaya Overhead adalah semua biaya yang berkaitan dengan proses
produksi selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung.
Adapun peranan dari biaya sehubungan dengan penentuan harga jual dari
produk yang dihasilkan adalah dengan memasukkan jumlah biaya yang terjadi
kepada Harga Pokok Produksi (HPP).
Sehingga kita dapat mengetahui berapa
jumlah yang kita keluarkan atau biaya yang dikonsumsi dalam proses
produksi suatu barang, dengan kata lain bahwa peranan dari Harga Pokok
Produksi tersebut adalah
jumlah yang kita keluarkan atau biaya yang dikonsumsi dalam proses
produksi suatu barang, dengan kata lain bahwa peranan dari Harga Pokok
Produksi tersebut adalah
- Sebagai dasar untuk menetapkan harga jual yang hendak ditetapkan adalah
harga jual yang pantas, sesuai dengan tingkat laba yang diinginkan.
- Sebagai alat untuk menilai efisiensi suatu proses produksi.
- Sebagai dasar untuk menilai tingkat persediaan dalam proses maupun
persediaan barang jadi.
- Sebagai alat analisis keputusan.
Pasar Persaingan
Sempurna
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
* Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
* Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan.
* Menghasilkan barang serupa Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa.
* Terdapat banyak perusahaan di pasar Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini meliputi dua aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah relative kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan di dalam pasar.
* Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar Dalam pasar persaingan sempurna juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak.
Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang di produksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).
ciri-cirinya adalah :
1. hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
Monopoli yang Tidak Dilarang :
Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
Monopoli Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah
adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari
sepuluh.
Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut :
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
- Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differentiated product).
- Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
- Satu di antara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar.
Oligopoli terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut :
1. Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen.
2. Oligopoli dengan pembedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan. Dampak negatif oligopoli terhadap perekonomian adalah sebagai berikut :
- Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang.
- Timbul inefisiensi produksi.
- Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan.
Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut :
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
- Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differentiated product).
- Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
- Satu di antara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar.
Oligopoli terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut :
1. Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen.
2. Oligopoli dengan pembedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan. Dampak negatif oligopoli terhadap perekonomian adalah sebagai berikut :
- Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang.
- Timbul inefisiensi produksi.
- Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan.
- Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang munculnya inflasi yang kronis.
0 komentar:
Posting Komentar