Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 27 September 2013

Pengertian Essai dan Ciri-Cirinya



Pengertian Essai
Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esai. Esai sebagai satu bentuk karangan dapat bersifat informal dan formal. Esai informal mempergunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan saya dan seolah-olah ia berbicara langsung dengan pembaca. Adapun esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan.
Ada enam tipe esai, yaitu :
  1. Esai Deskriptif. Esai jenis ini dapat menulis subjek atau objek apa saja yang dapat menarik perhatian pengarang. Ia bisa mendeskripsikan sebuah rumah, sepatu, tempat rekreasi dan sebagainya.
  2. Esai Tajuk. Esai jenis ini dapat dilihat dalam media massa dan majalah. Esai ini mempunyai satu fungsi khusus, yaitu menggambarkan pandangan dan sikap media massa/majalah tersebut terhadap satu topik dan isyu dalam masyarakat
  3. Esai Watak. Esai ini memperbolehkan seorang penulis membeberkan beberapa segi dari kehidupan individual seseorang kepada para pembaca. Lewat watak itu pembaca dapat mengetahui sikap penulis terhadap tipe pribadi yang dituangkan. Penulis tidak menuliskan biografi.
  4. Esai Pribadi, hampir sama dengan esai watak. Akan tetapi esai pribadi ditulis sendiri oleh pribadi tersebut tentang dirinya sendiri. Penulis akan menyatakan Saya adalah saya.
  5. Esai Reflektif. Esai reflektif ditulis secara formal. Penulis mengungkapkan dengan dalam, sungguh-sungguh, dan hati-hati beberapa topik yang penting berhubungan dengan kehidupan, misalnya politik, pendidikan, dan hakikat manusiawi.
  6. Esai Kritik. Dalam esai kritik penulis memusatkan diri pada uraian tentang seni, misalnya, lukisan, tarian,teater, kesusasteraan. Esai kritik bisa ditulis tentang seni tradisional, pekerjaan seorang seniman pada masa lampau. Esai ini membangkitkan kesadaran pembaca tentang pikiran dan perasaan penulis tentang karya seni.
Bagian Esai
Sebuah esai dasar bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
  • Pertama, pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi bahasan dan pengantar tentang yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.
  • Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi.
  • Ketiga, adalah bagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai.


Ciri-ciri Esai
  1. Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa, menghindarkan penggunaan bahasa dan ungkapan figur.
  2. Singkat, maksudnya dapat dibaca dengan santai dalam waktu dua jam.
  3. Memiliki gaya pembeda. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya yang khas, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain.
  4. Selalu tidak utuh, artinya penulis memilih segi-segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis,
  5. Memenuhi keutuhan penulisan. Walaupun esai adalah tulisan yang tidak utuh, namun harus memiliki kesatuan, dan memenuhi syarat-syarat penulisan, mulai dari pendahuluan, pengembangan sampai ke pengakhiran.
  6. Mempunyai nada pribadi atau bersifat individu, yang membedakan esai dengan jenis karya sastra adalah ciri personal. Ciri personal dalam penulisan esai adalah pengungkapan penulis sendiri tentang pandangannya, sikapnya, pikirannya, dan kepada pembaca.
Langkah-langkah pembuatan esai
Jika dipetakan mengenai langkah-langkah membuat esai, bisa mencakup sebagai berikut:
  1. Menentukan tema atau pembahasan
  2. Membuat outline atau garis besar ide-ide yang akan kita bahas
  3. Menuliskan pendapat kita sebagai penulisnya dengan kalimat yang singkat dan jelas
  4. Menulis tubuh esai, memulai dengan memilah nilai-nilai penting yang akan dibahas, kemudian membuat beberapa subtema pembahasan supaya lebih memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gagasan kita sebagai penulisnya, selanjutnya mengembangkan subtema yang telah kita buat sebelumnya.
  5. Membuat paragraf pertama yang sifatnya sebagai pendahuluan. Itu sebabnya, yang akan kita tulis itu harus merupakan alasan atau latar belakang alasan kita menulis esai tersebut.
  6. Menuliskan kesimpulan. Ini penting karena untuk membentuk opini pembaca kita harus memberikan kesimpulan pendapat dari gagasan kita sebagai penulisnya. Karena memang tugas penulis esai adalah seperti itu.
  7. Terakhir pada tulisan kita agar pembaca merasa bisa mengambil manfaat dari apa yang kita tulis tersebut dengan mudah.
Cara mengembangkan kerangka karangan esai
  1. Untuk memudahkan karangan, mulailah dengan sebuah definisi.
  2. Kembangkan karangan dengan deskripsi situasi.
  3. Masukan pandangan seorang ahli.
  4. Buatlah kalimat-kalimat tunggal dan kalimat majemuk setara atau bertingkat dengan struktur yang sederhana.
  5. Untuk memudahkan menguraikan paragraf gunakan paragaraf-paragraf deduktif.
  6. Esai biasa adalah karangan argumentasi.
Universitas Gunadarma

Mengapa anda memilih Universitas Gunadarma sebagai jenjang pendidikan yang berkelanjutan ?
Saya memilih Universitas Gunadarma karena disana memiliki fasilitas yang cukup lengkap, serta banyak pilihan terhadap jurusan yang ditawarkan kepada mahasiswa/mahasiswi yang ingin mendaftarkannya. Selain itu, Universitas Gunadarma merupakan Universitas swasta dengan akreditas lima terbaik di Indonesia. Serta menjalin banyak perusahaan Negara dan swasta sehingga banyak menyediakan lapangan pekerjaan bagi lulusan dari gunadarma. Gunadarma juga memberikan Beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi dalam nilai akademik yang baik. Maka dari itu saya memilih Universitas Gunadarma sebagai jenjang pendidikan berkelanjutan dan sekarang saya sudah menjadi salah satu mahasiswanya .
Sistem Informasi
Apa alasan anda memilih jurusan sistem informasi ?
Saya memilih jurusan sistem informasi, karena saya ingin menjadi seorang programmer ataupun menjadi seorang analisis data. Saat ini bidang teknologi sedang dibutuhkan banyak perusahaan, sehingga lapangan pekerjaan terbuka lebar walaupun persainganannya sangat ketat. Selain itu, kita dapat belajar bagaimana cara membuat sebuah program aplikasi. Dengan belajar membuat program aplikasi, kita dapat meningkatkan nilai kreatifitas dan impian menjadi sebuah kenyataan yang nantinya dapat bermanfaat bagi kehidupan ataupun karier saya lebih baik. Secara tidak langsung dalam pembelajaran yang ada di dalam sistem informasi itu sendiri mengajarkan aspek yang dapat menunjang kita dalam dunia pekerjaan, agar nantinya tidak kaget menghadapi siklus dunia kerja ataupun dapat mendirikan usaha sendiri dengan kemampuan yang saya punya. Maka dari itu saya memilih sistem informasi sebagai jurusan di Universitas Gunadarma.







                                  DAFTAR PUSTAKA     

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Esai,http://www.pemustaka.com/pengertian-esai-dan-ciri-cirinya.html

27 komentar:

  1. Makasih sangat membantu
    Ijin share

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ..makasih
    Saya jadi mengerti dan paham pengertian dari essai

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. mau tanya gan kalau esai populer itu kayak mana y?

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat ^^ terimakasih infonya

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat ^^ terimakasih infonya

    BalasHapus
  7. Makasih atas infonya

    BalasHapus
  8. trmkasih..sangat membantu& bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Ijin copas ya buat nambah wawasan bikin esai

    BalasHapus
  10. makasih yy aa dengan ini saya bisa menyulitkan soal un saya

    BalasHapus
  11. jelek membuat pembaca tidak mengerti dengan blog yang ditertera

    BalasHapus
  12. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Beagle puppies are one of the most popular breeds in the world. Beagle Puppies For Sale are intelligent, friendly, and loyal dogs that make great companions for people with allergies or who live alone. Beagles have a single coat that is short and soft to the touch, which makes them perfect for active city dwellers who want an outdoor companion. Beagle puppy are usually available at shelters because they're so popular! If you're looking to adopt a Beagle puppies For Sale near me, check out your local shelter today

    BalasHapus